Pelatihan Mindfulness Spiritual Berbasis Islam untuk menurunkan Tingkat Parental Burnout Pada Ibu dengan Anak Usia Prasekolah
Abstract
Ibu yang memiliki anak usia prasekolah terbukti memiliki stres yang lebih tinggi dibanding ibu dengan
anak berpendidikan sekolah dasar ke atas. Stres yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang dan
tidak terselesaikan dapat berkembang menjadi parental burnout. Parental burnout memiliki berbagai
dampak yang sangat merugikan bagi ibu, pasangan dan terutama anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas pelatihan mindfulness spiritual berbasis Islam untuk menurunkan parental
burnout pada ibu yang memiliki anak usia prasekolah. Desain eksperimen yang digunakan adalah
pretest-posttest control group design with follow up. Penelitian ini mencakup 14 partisipan yang dibagi
ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pelatihan mindfulness spiritual berbasis Islam
yang digunakan dalam penelitian ini diformulasikan oleh Isgandarova dan dikembangkan oleh
Hertinjung dkk. Parental Burnout Assesment digunakan untuk mengukur tingkat parental burnout.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik statistik Mixed Anava. Temuan
dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan mindfulness spiritual berbassis Islam terbukti dapat
menurunkan tingkat parental burnout pada ibu dengan anak usia prasekolah.
Collections
- Master of Psychology [370]