dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik peran pengaruh sosial sebagai
moderator dalam hubungan antara kontrol diri dan perilaku pembelian impulsif pada
penggemar k-pop. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat
hubungan antara kontrol diri dan pembelian impulsif yang dimoderasi oleh pengaruh
sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis moderasi.
Subjek dalam penelitian ini berjumlah 196 responden dengan 180 responden
perempuan dan 16 responden laki-laki pada rentang usia 15-23 tahun yang merupakan
penggemar k-pop. Pengumpulan data menggunakan Consumer Susceptibility to
Interpersonal Influence Scale (CSIIS), Brief Self-Control Scale (BSCS), dan Impulsive
Buying Scale (IBS), yang di aplikasikan dalam bentuk form google. Analisis data
penelitian ini menggunakan Jamovi versi 2.3.19. dengan uji yang dialkukan adalah uji
analisis deskripitf, uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji analisis moderasi. Hasil
yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kontrol diri dan
pembelian impulsif yang dimoderasi oleh pengaruh sosial. Dengan kata lain kontrol
diri mampu mempengaruhi pembelian impulsif dengan diperkuat oleh pengaruh sosial.
Terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dan pembelian impulsif dimana semakin
tinggi kontrol diri maka akan semakin rendah pembelian impulsif. Sedangkan terdapat
hubungan positif antara pengaruh sosial terhadap pembelian impulsif dimana semakin
tinggi pengaruh sosial maka akan semakin tinggi pembelian impulsive. | en_US |