Evaluasi Pelaksanaan Pembiasaan Keagamaan Peserta Didik Pada Jenjang SMP Negeri 3 Kalasan Sleman Yogyakarta
Abstract
Pendidikan dalam skala umum memberikan proses pendewasaan individu
yang hendak mencapai tujuan kehidupan yang bahagia baik di dunia maupun di
akhirat kelak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mana data yang
dikumpulkan bukan berupa angka angka melainkan data yang berasal dari naskah
wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, observasi, dokumen pribadi, catatan
memo, dan dokumen resmi lainnya yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kalasan
secara valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Analisis data dilakukan melalui
tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
evalusi pelaksanaan pembiasaan keagamaan di SMP Negeri 3 Kalasan telah
dilaksanakan dengan baik atau secara umum berjalan dengan baik sesuai dengan
rencana yang diprogramkan. Kegiatan sebelum sampai sesudah pembelajaran
menjadi cara pembiasaan yang efektif untuk dapat menumbuhkan karakter religius
siswa, kegiatan pembiasaan keagamaan dapat dilatih dan dibiasakan setiap hari.
Hasil dari pembiasaan keagamaan yang dilakukan setiap hari serta diulang ulang
ini akan senantiasa tertanam dan dapat diingat oleh peserta didik sehingga mudah
untuk melakukannya dan. Diharapkan peserta didik menjadi insan yang
berkembang secara maksimal.