Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Mulia Dea
dc.date.accessioned2024-05-11T08:34:01Z
dc.date.available2024-05-11T08:34:01Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49123
dc.description.abstractTaksi adalah segmen industri transportasi yang kompetitif dalam moda transportasi darat dan dianggap sebagai sarana transportasi yang nyaman serta mudah untuk memenuhi kebutuhan individu. Sulitnya mencari taksi pada jam-jam tertentu, ketidakseimbangan antara permintaan dan persediaan taksi, serta lamanya pelanggan harus menunggu taksi adalah beberapa masalah yang mungkin membuat pengoperasian taksi menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, diperlukan landasan pengetahuan untuk pengambilan keputusan manajemen strategis guna memaksimalkan layanan taksi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis data operasional layanan taksi yang dapat digunakan untuk mengenali wilayah serta waktu- waktu permintaan layanan taksi yang tinggi. Data diolah menggunakan metode clustering berbasis densitas DBSCAN dan pengukuran performa pemodelan hasil clustering menggunakan metode silhouette coefficient. Penelitian ini mengambil data set yang tersedia secara publik dan terbuka, yaitu data perjalanan taksi di New York City. Adapun area studi berfokus pada wilayah Queens, New York City untuk bulan januari, februari, dan maret 2016. Dalam prosesnya, terdapat beberapa tahapan, yaitu penyaringan dataset, pre-processing, proses clustering, implementasi, dan pengujian. Hasil menunjukkan bahwa dari bulan januari, februari, dan maret terbentuk cluster yang memiliki pola yang mirip pada area cluster mayor yang berada di wilayah LaGuardia Airport. Kemudian, jumlah penjemputan di setiap jam pada ketiga bulan tidak memiliki pola perbedaan yang signifikan. Selanjutnya, diimplementasikan berbentuk aplikasi website dengan menggunakan framework Streamlit, dan dilakukan pengujian pada aplikasi menggunakan black box testing. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bantuan rekomendasi keputusan untuk meningkatkan jasa pelayanan taksi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTaksien_US
dc.subjectLayanan Taksien_US
dc.subjectClusteringen_US
dc.subjectDBSCANen_US
dc.titleIdentifikasi Hotspot Area dan Waktu Penjemputan Taksi menggunakan Spasial Clustering Berbasis Densitasen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19523119


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record