Show simple item record

dc.contributor.authorZakia, Aufanida
dc.date.accessioned2024-05-11T08:00:55Z
dc.date.available2024-05-11T08:00:55Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49116
dc.description.abstractmenyusui, yang akan berpengaruh pada durasi pemberian ASI Eksklusif. Salah satu yang mempengaruhinya adalah pengetahuan ibu. Edukasi dengan home based intervention diharapkan dapat menjadi salah satu metode untuk meningkatkan efikasi diri dalam menyusui. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara pemberian edukasi dengan Home Based Intervention terhadap efikasi diri dalam menyusui pada ibu hamil trimester 2 dan 3 di Puskesmas Godean II Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi Eksperimental menggunakan desain pre-post test tanpa control group design untuk melihat pengaruh edukasi dengan home based intervention terhadap efikasi diri dalam menyusui pada ibu hamil trimester 2 dan 3 di Puskesmas Godean II Hasil: Edukasi dengan home based intervention dapat meningkatkan efikasi diri dalam menyusui pada ibu hamil dengan rata-rata skor pre-test sebesar 63,50 ± 7,54 dan post-test sebesar 65,35 ± 9,19. Berdasarkan hasil analisis paired t-test yang membandingkan skor pre-test dan post-test, didapatkan p value sebesar 0,327. Kesimpulan: Edukasi dengan home based intervention meningkatkan efikasi diri dalam menyusui pada ibu hamil trimester 2 Dan 3 di wilayah kerja Puskesmas Godean 2 tetapi tidak bermakna secara statistik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectASI Eksklusifen_US
dc.subjectEfikasi Diri Dalam Menyusuien_US
dc.subjectHome Based Interventionen_US
dc.titlePengaruh Edukasi dengan Home Based Intervention Terhadap Efikasi diri dalam menyusui Pada Ibu Hamil Trimester 2 dan 3 di Puskesmas Godean Iien_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20711013


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record