Hubungan Kecemasan dan Prokrastinasi Akademik dalam Mengerjakan Skripsi di Perguruan Tinggi X
Abstract
Kecemasan dan prokrastinasi akademik rentan dialami oleh mahasiswa tingkat
akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
mengetahui hubungan kecemasan dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa
tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Hipotesis pada penelitian ini adalah
terdapat hubungan positif antara kecemasan dan prokrastinasi akademik pada
mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Semakin tinggi
kecemasan maka semakin tinggi prokrastinasi akademik. Subjek pada penelitian ini
adalah mahasiswa yang berada di tingkat akhir dan sedang mengerjakan skripsi.
Skala prokrastinasi akademik yang digunakan adalah skala modifikasi dari alat ukur
yang disusun berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Holmes (1991).
Skala kecemasan yang digunakan adalah skala yang dikembangkan oleh
Schouwenburg (1995). Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi
non-parametrik Spearman’s rho yang menunjukkan tidak terdapat positif antara
kecemasan dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang
mengerjakan skripsi. Selain itu, penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan
negatif antara kecemasan dan prokrastinasi akademik dengan koefisien determinasi
(r2) sebesar .919 dan koefisien korelasi (r) sebesar -.670 dengan nilai signifikansi
menunjukkan p=.000. Hubungan negatif ini dapat diartikan semakin tinggi
kecemasan maka semakin rendah prokratinasi akademik.
Collections
- Psychology [2270]