Hubungan Parental Phubbing dan Academic Burnout Pada Remaja: Smartphone Addiction Sebagai Mediator
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui hubungan parental
phubbing terhadap academic burnout pada remaja, dengan mediator smartphone
addiction pada remaja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa remaja yang
tinggal bersama orang tua dan orang tua merupakan pengguna smartphone
dengan jumlah sebanyak 139 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kuantitatif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Skala
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Maslach Burnout Inventory – Student
Survey (Schaufeli dkk., 2002) yang telah diadaptasi oleh Mochtar (2022) untuk
mengukur academic burnout; Parental Phubbing Scale (Roberts & David 2016)
yang telah diadaptasi dan dimodifikasi oleh Mulyaningrum & Kusumaningrum
(2022) untuk mengukur parental phubbing; dan Smartphone Addiction Scale
Short-Version (Kwon, Kim, dkk., 2013) yang telah diadaptasi oleh Mulyaningrum
& Kusumaningrum (2022) untuk mengukur smartphone addiction. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara
parental phubbing dan academic burnout dan hubungan tersebut dapat diperkuat
melalui adanya peran mediasi dari smartphone addiction.
Collections
- Psychology [2226]