Show simple item record

dc.contributor.authorNisa, Choirun
dc.date.accessioned2024-05-02T01:30:29Z
dc.date.available2024-05-02T01:30:29Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48791
dc.description.abstractDalam pembelajaran yang ditempuh pada jenjang sekolah dasar, terdapat mata pelajaran wajib yang perlu diberikan kepada anak usia dasar yaitu pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan diketahui salah satu materi dalam pelajaran IPA adalah tata surya. Berdasarkan hasil observasi pra-penelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Lombang Indramayu, diketahui bahwa proses pembelajaran IPA di SDN 2 Lombang dilakukan dengan menggunakan buku manual dan cenderung membuat Siswa mudah jenuh. Adapun metode yang digunakan adalah metode design thinking yang memiliki 5 tahap yaitu tahap empathize, tahap define, tahap ideate, tahap prototyping, dan tahap testing. Kemudian dilakukan perancangan aplikasi dengan menentukan user flow dan skenario aplikasi. Setelah dilakukan perancangan aplikasi dilakukan pengujian dengan menggunakan metode Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation. Sebelum melakukan pengujian, dilakukan 4 tahapan dengan tahapan pertama untuk melakukan observasi. Tahap kedua melakukan analisis permasalah, lalu tahap 3 menemukan solusi untuk memecahkan masalah. Setelah itu ditentukan user flow dan skenario aplikasi. Adapun hasil yang didapatkan adalah bahwa pengujian metode cognitive walkthrough terjadi iterasi sebanyak dua kali dengan tahap 1 memiliki nilai efektivitas 85% dan efisiensi 79% dan tahap 2 memiliki nilai efektivitas 87% dan efisiensi 76%. Lalu dilakukan pengujian heuristik oleh evaluator. Pengujian heuristik oleh evaluator ini dilakukan langsung dengan evaluator yang memiliki bidang minat juga pengalaman yang serupa dengan tema penelitian yaitu user experience.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectCognitive Walkthroughen_US
dc.subjectDesign Thinkingen_US
dc.subjectIlmu Pengetahuan Alamen_US
dc.subjectTata Suryaen_US
dc.titlePemodelan User Experience Pembelajaran Tata Surya menggunakan Metode Design Thinking untuk Siswa Sekolah Dasaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19523227


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record