Kepemimpinan Inklusif, Keamanan Psikologis, dan Perilaku Inovatif Pada Dosen Negeri Riau
Abstract
Penelitian ini menyoroti pentingnya perilaku inovatif sebagai faktor utama dalam mencapai keunggulan
kompetitif di lingkungan institusi. Fokus penelitian adalah pada interaksi antara kepemimpinan inklusif,
keamanan psikologis, dan perilaku inovatif. Metode kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda
pada 250 partisipan yang merupakan dosen tetap pada salah satu perguruan tinggi negeri di Riau .
Pengumpulan data dilakukan secara daring. Alat ukur yang digunakan termasuk Innovative Work
Behaviour Scales (Pj De Jong et al.) untuk mengukur perilaku inovatif, Inclusive Leadership Scale (Carmeli)
untuk kepemimpinan inklusif, dan Psychological Safety Scale (Edmondson) untuk keamanan psikologis.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa keamanan psikologis memainkan peran sebagai mediator parsial
dalam menghubungkan kepemimpinan inklusif dengan perilaku kerja inovatif dosen di Negeri Riau.
Analisis tambahan menunjukkan ketidakberbedaan perilaku inovatif dosen berdasarkan jabatan,
sementara perilaku inovatif pada dosen laki-laki cenderung lebih tinggi di lingkungan Negeri Riau. Temuan
ini memberikan pemahaman lebih mendalam tentang dinamika kompleks antara variabel-variabel
tersebut, mendukung relevansi keamanan psikologis sebagai elemen kunci dalam meningkatkan perilaku
inovatif di konteks akademis
Collections
- Master of Psychology [347]