Implementasi Kurikulum Tahfizh di Qur’an Learning Center - Baitulmaal Muamalat Yogyakarta
Abstract
Menghafal Al-Qur’an adalah sebuah kegiatan yang mulia, ada banyak
keutamaan yang Allah berikan kepada para penghafal Al-Qur’an sebagaimana yang
telah disebutkan di beberapa ayat Al-Qur’an dan Hadist. Pada umumnya menghafal
Al-Qur’an membutuhkan proses yang panjang kurang lebih sekitar dua atau tiga
tahun bahkan bisa lebih, Qur’an Learning Center-Baitulmaal Muamalat
menawarkan program yang menarik yaitu menghafal Al-Qur’an dalam waktu
singkat. Berdasarkan pemaparan tersebut, menjadi sebuah hal yang menarik untuk
diteliti bagaimana implementasi kurikulum di Lembaga tersebut dan apakah yang
menjadi faktor pendukung dan penghambat dari implementasi kurikulum di
Lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik
pengumpulan datanya menggunakan teknik obeservasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) dalam implementasinya
lembaga tersebut menggunakan buku panduan dari YKTN (2) dalam proses
pebelajaran terdapat beberapa kendala yaitu terdapat beberapa peserta yang asih
terkendala dengan bacaan Al-Qur’annya, peserta kurang fokus karena masih
terganggu dengan pertanyaan orangtuanya, terdapat beberapa peserta yang masih
dalam tahap transisi hijrah dari masalalunya (3) terdapat beberapa faktor yang
mendukung berjalannya program, yaitu terdapatnya alat praga tahsin, terdapat
bimbingan psikologi, kegiatan olahraga dan pendampingan tahfizh yang intens 13
jam dalam satu hari.