Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Octo Mobile dengan Metode System Usability Scale dan Mendesain Ulang Antarmuka Aplikasi Octo Mobile
Abstract
Untuk meningkatkan kualitas aplikasi Octo Mobile yang merupakan aplikasi layanan
perbankan dari Bank CIMB Niaga, maka perlu dilakukan usability testing. Pengujian dilakukan
menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan skala Likert sebagai jawabannya dan
wawancara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi usability dan
menganalisis user experience pada aplikasi Octo Mobile, sehingga diharapkan dapat dijadikan
sebagai acuan pengembangan aplikasi lebih lanjut ke depannya oleh Bank CIMB Niaga.
Responden terdiri dari 39 pengguna aplikasi Octo Mobile. Pengujian dilakukan dengan
mewawancarai responden secara langsung dan menggunakan kuesioner SUS yang berisi 10
pernyataan. Hasil pengujian dengan metode SUS diperoleh hasil sebesar 58,5%. Berdasarkan
hasil tersebut, Acceptability aplikasi Octo Mobile berada pada rentang MARGINAL LOW,
peringkat berada pada level OK, dan Grade Scale berada pada kelas F. Nilai tersebut masih
tergolong rendah, oleh karena itu dikarenakan berdasarkan hasil wawancara faktor yang
menjadi kendala nasabah terdapat poin tampilan, maka penulis mencoba untuk mendesain
ulang aplikasi Octo Mobile. setelah penulis mendesain ulang, hasil pengujian prototype
menggunakan SUS terhadap 15 responden adalah 78,6%. Hal ini termasuk ke dalam
ACCEPTABLE (Dapat Diterima) pada Acceptability Range, Skala C mendekati B pada Grade
Scale dan peringkat GOOD mendekati EXCELLENT. Kesimpulannya setelah dilakukan desain
ulang yang dilakukan penulis, nilai kepuasan pengguna meningkat. Hasil dari penelitian ini
dapat dijadikan bahan acuan perbaikan aplikasi untuk pihak bank CIMB Niaga.
Collections
- Informatics Engineering [2170]