Pengembangan Model PAIBP Berbasis Amalan Andalan untuk Mendongkrak Capaian Karakter Peserta Didik Kelas Atas di Jenjang Sekolah Dasar
Abstract
Krisis karakter peserta didik sekolah dasar sejak pembelajaran daring masa pandemi
covid 19 menuntut GPAI untuk meningkatkan kualitas model pembelajaran yang
dapat mendongkrak capaian karakter. Maka penelitian ini bertujuan untuk.
mengetahui faktor yang mempengaruhi pengembangan model PAIBP dan kualitas
produk model PAIBP berbasis amalan andalan sebagai upaya untuk mendongkrak
capaian karakter peserta didik jenjang sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam
jenis penelitian pengembangan dengan tahap pendefinisian, perancangan,
pengembangan dan penyebaran. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dilakukan
dengan menganalisis, menggambarkan dan meringkas kejadian dari data yang
diperoleh melalui proses wawancara, dokumentasi dan observasi. Keberhasilan
pelaksanaan model PAIBP dipengaruhi faktor penunjang yaitu guru PAI yang
kompeten, partisipasi aktif peserta didik, dukungan moral material dari Kepala
Sekolah, Guru, dan orang tua. Faktor penghambat adalah sikap malas peserta didik.
Produk model PAIBP berbasis amalan andalan telah memenuhi kualitas kelayakan
sesuai hasil akhir dari uji skala kecil ahli model pembelajaran yaitu 76 termasuk
kategori layak dan hasil akhir penilaian ahli materi yaitu 86 yang termasuk kategori
sangat layak sehingga nilai rata – rata keduanya adalah 81 termasuk kategori layak.
Pelaksanaan model PAIBP berbasis amalan andalan mampu meningkatkan capaian
karakter religius, tanggung jawab, jujur, disiplin, toleransi dan mandiri.