Peran Konformitas Teman Sebaya Sebagai Mediator Hubungan Pemujaan Selebriti dengan Impulsive Buying Pada Penggemar Treasure
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui perilaku impulsive buying pada penggemar
Treasure, yang menganalisa pengaruh pemujaan selebriti dan dimediatori oleh
konformitas dalam komunitas penggemar. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat
hubungan signifikan antara pemujaan selebriti dan impulsive buying, dengan
konformitas sebagai mediator. Penelitian ini melibatkan 151 responden berusia
18-22 tahun, yang telah membeli merchandise. Alat pengukuran penelitian ini
terdiri atas skala pemujaan selebriti oleh Maltby et al. (2006), skala konformitas
oleh Mehrabian & Stefl (1995), dan skala pembelian impulsif oleh Verplanken &
Herabadi (2001). Analisis data menggunakan model mediasi GLM menghasilkan
nilai β sebesar 0,336 dan p < 0,001, nilai tersebut mengkonfirmasi adanya peran
mediasi konformitas pada hubungan antara pemujaan selebriti, impulsive buying.
Hasil penelitian ini memiliki implikasi yang penting, terutama pada upaya dalam
meningkatkan kesadaran para penggemar Treasure terkait perilaku pemujaan
selebriti dan konfromitas yang memberikan dampak impulsive buying, agar
penggemar dapat terhindar dari penyesalah setelahnya.
Collections
- Psychology [2173]