Analisis Prediksi Willingness To Pay Konsumen Produk Halal (Studi Kasus: Daging Ayam Halal di Yogyakarta)
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia,
sehingga produk halal merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Salah satu makanan
yang sehari-hari banyak dikonsumsi masyarakat namun belum banyak yang memiliki
jaminan halal (label halal) adalah daging ayam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Willingness to Pay (WTP) produk daging
ayam halal, serta untuk mengetahui prediksi WTP produk daging ayam halal di
Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor WTP adalah dengan
Uji Chi-Square. Hasil dari Uji Chi-Square menunjukkan faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan WTP produk halal antara lain: jenis kelamin, tingkat
pendidikan, income, knowledge, dan religiosity. Kemudian metode yang digunakan untuk
melakukan prediksi WTP adalah Algoritma C4.5 (Decision Tree). Dari model decision
tree dapat diketahui bahwa variabel knowledge memiliki pengaruh terbesar dalam
keputusan WTP pada konsumen produk daging ayam halal. Rules atau pola yang
terbentuk dari model prediksi decision tree antara lain: semakin tinggi knowledge dan
religiosity konsumen maka semakin besar kemungkinan WTP, semakin tinggi tingkat
pendidikan dan income konsumen maka WTP juga akan semakin besar, dan konsumen
dengan jenis kelamin perempuan memiliki kemungkinan WTP lebih besar daripada laki-
laki. Lalu pada confusion matrix menunjukkan model decision tree memiliki akurasi
sebesar 98%.
Collections
- Industrial Engineering [2225]