Analisis Disonansi Kognitif Mahasiswa di Yogyakarta Dalam Mengambil Keputusan Terhadap Pembelian Sepeda Motor Matic
Abstract
Sepeda motor matic merupakan salah satu alternatif transportasi yang populer di
kalangan mahasiswa karena memungkinkan mereka pergi ke kampus dengan lebih
nyaman dan cepat, terutama di lokasi kota yang ramai. Beragam produsen menanggapi
meningkatnya permintaan pelanggan dengan beragam inovasi, menawarkan barang-
barang baru dan lebih baik, sehingga mengakibatkan disonansi kognitif dalam
pengambilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor disonansi kognitif pada
mahasiswa pemilik sepeda motor matic di Yogyakarta. Dimensi disonansi kognitif
mencakup emotional, wisdom of purchase, dan concern over deal. Dimensi emotional
diukur dengan 15 indikator pertanyaan, dimensi wisdom of purchase membeli dengan 4
indikator pertanyaan, dan dimensi concern over deal dengan 3 indikasi pertanyaan.
Sampel penelitian berjumlah 207 orang dari berbagai mahasiswa aktif di Yogyakarta.
Dalam penelitian ini, analisis faktor digunakan sebagai pendekatan analitis. Faktor-
faktor yang membentuk disonansi kognitif pada mahasiswa di Yogyakarta dalam
memutuskan membeli dan menggunakan sepeda motor matic yaitu faktor Emotional,
Wisdom of Purchase, dan Concern Over Deal. Analisis pada variabel Emotional
didapatkan hasil bahwa mahasiswa tidak merasa tertekan dalam memutuskan membeli
dan menggunakan sepeda motor matic, variabel Wisdom of Purchase didapatkan hasil
bahwa mahasiswa merasa telah membuat pilihan yang tepat dalam memutuskan
membeli dan menggunakan sepeda motor matic dan variabel Concern Over Deal
didapatkan hasil bahwa mahasiswa merasa tidak tertipu dalam memutuskan membeli
dan menggunakan sepeda motor matic.
Collections
- Industrial Engineering [2225]