Perancangan Ulang User Interface dan User Experience Website Pariwisata Yogyakarta
Abstract
Pandemi COVID-19 yang terjadi melanda seluruh dunia mengakibatkan dampak yang
cukup besar, salah satunya pada sektor pariwisata dikarenakan terjadinya pembatasan sosial
yang mengakibatkan tidak diperbolehkannya berkumpul dengan banyak orang pada suatu
tempat. Terjadinya penurunan pariwisata yang terjadi di Indonesia menjadi salah satu dampak
dari pandemi. Dengan dimulainya era baru setelah pandemi atau new normal sedikit demi
sedikit pariwisata di Indonesia terutama wilayah Yogyakarta mulai mengalami peningkatan
wisatawan. Wisatawan yang berwisata membutuhkan informasi tentang pariwisata yang ada
di wilayah Yogyakarta. Sehingga melalui perancangan ulang user interface dan user
experience website pariwisata Yogyakarta akan dapat memudahkan para wisatawan yang
berwisata untuk dapat menemukan informasi seputar pariwisata di wilayah Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) dengan melalui
pendekatan terhadap user. Metode ini memiliki empat tahapan yaitu specifying content of use,
specifying requirements, produce design solutions, dan evaluate design. Pengujian dilakukan
dengan melalui pendekatan cognitive walkthrough dengan lima partisipan yang terlibat.
Dengan tujuh skenario pada setiap skenario memiliki beberapa tugas yang dapat diselesaikan
oleh partisipan. Penilaian pengujian dengan dua indikator yaitu berdasarkan waktu tempuh
dan berdasarkan persentase kesalahan yang dilakukan oleh partisipan. Pengujian yang telah
dilakukan menghasilkan bahwa tidak diperlukan adanya pengulangan dalam pengujian. Hal
ini menunjukkan bahwa perancangan ulang user interface dan user experience website
pariwisata Yogyakarta telah berhasil memenuhi permasalahan dan solusi yang dihasilkan
sudah cukup baik.
Collections
- Informatics Engineering [2148]