Desain Aplikasi Platform Membaca Majalah untuk Meningkatkan Tingkat Minat Baca Generasi Muda
Abstract
Berdasarkan latar belakang yang terdapat di atas, rumusan masalah pada penelitian ini
adalah bagaimana membuat desain aplikasi membaca majalah online agar dapat menarik
minat pengguna untuk meningkatkan tingkat minat baca masyarakat Indonesia. Tujuan dari
penelitian ini adalah terciptanya desain aplikasi yang dapat meningkatkan minat baca
masyarakat Indonesia terutama masyarakat dengan usia remaja hingga dewasa dan juga bisa
mewadahi redaksi majalah. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode
prototyping. Pembuatan desain ini akan dilakukan dengan beberapa tahap antara lain tahap
mendengar kebutuhan pengguna, dilanjutkan dengan membuat desain atau merevisi desain, lalu di-uji coba kepada pengguna, dan diulangi satu kali untuk mengurangi resiko kebutuhan
yang terus bertambah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menggunakan metode
prototyping, metode prototyping merupakan metode yang sangat efektif untuk melakukan
penelitian yang berdasarkan kepuasan pengguna. Prototyping dapat dilakukan untuk
meningkatkan efisiensi dalam membangun purwarupa, karena metode ini melakukan sebuah
lingkaran proses dalam pelaksanaan metode ini. Lingkaran proses pada metode prototyping
yang berupa wawancara, pembuatan dan testing yang dilakukan secara berulang membantu
dalam menemukan pattern dan kesimpulan dari masukan pengguna. Penerapan metode
prototyping pada perancangan UI/UX aplikasi membaca majalah online dapat membantu
untuk memenuhi kebutuhan pengguna melalui tahap wawancara dan testing dari pengguna. Hal tersebut menjadikan proses perancangan berjalan lebih terarah dan sesuai dengan
keinginan pengguna pada setiap langkahnya. Berdasarkan dengan penelitian yang dilakukan, pengguna memiliki minat terhadap desain yang terkesan simpel namun tidak sepi, fitur
fungsional yang mudah diakses oleh pengguna, dan focus content yang jelas pada setiap
halamannya.
Collections
- Informatics Engineering [2148]