Pengembangan Antarmuka Pengguna Sistem Pelatihan Kerja untuk Karyawan Baru dengan Metode User Centered Design (UCD) dan Cognitive Task Analysis (Studi Kasus Pt. Yamaha Indonesia)
Abstract
Digitalisasi yang dilakukan terhadap sistem pelatihan untuk karyawan baru di perusahaan
PT. Yamaha Indonesia, karena saat ini perusahaan belum menggunakan digitalisasi dalam
melaksanakan proses pelatihan untuk karyawan baru sehingga mempengaruhi efisiensi
dan efektivitas. Proses digitalisasi yang akan dilakukan yaitu perancangan user interface
(UI) dan User Experience (UX) sebagai langkah awal dalam proses pengembangan
interface pelatihan karyawan baru. Dalam merancang UI/UX digunakan metode User
Centered Design (UCD) dan Cognitive Task Analysis yang memastikan desain interface
dapat memberikan sebuah pengalaman sesuai dengan keinginan dari user. Proses
pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, usability testing dan
kuesioner WEBUSE. Usability testing menggunakan tools pada platform Maze.co yang
telah memenuhi aspek efektifitas, efisiensi, dan kepuasan sesuai ISO 9241-11. Hasil
pengujian aplikasi interface pelatihan karyawan baru yang diberi nama Yamaha
Education. Terdapat permasalahan yang ditunjukkan dari hasil heatmaps dan terdapat
saran yang diberikan responden pada usability test pertama. Hasil dari usability test
pertama diperoleh rata-rata usability test 56 dan penelitian kedua diperoleh 97 yang
termasuk dalam kategori tinggi. Kemudian diperoleh hasil kepuasan dari kuesioner
sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan nilai usability dan tingkat
kepuasan tersebut, perancangan UI/UX pada aplikasi Yamaha Education dapat memenuhi
aspek usability berdasarkan ISO 9241-11 yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan.
Collections
- Industrial Engineering [2235]