Efektifitas Penerapan Media Berbasis Powerpoint dalam Pembelajaran PAI untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Yogyakarta
Abstract
Perkembangan teknologi pada zaman sekarang sangatlah pesat, kemudian
telah merambah ke berbagai lini salah satunya yaitu pendidikan. Di dalam dunia
pendidikan, teknologi bisa digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Hal ini
sangatlah membantu pendidik untuk mengembangkan kreatifitas pembelajarannya di
dalam kelas. Salah satunya yaitu menggunakan media berbasis powerpoint, media
berbasis powerpoint diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar
peserta didik. Akan tetapi, pada kenyataannya ternyata masih banyak pendidik yang
belum bisa menggunakan atau menguasai media berbasis powerpoint yang
berkembang pada saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
seberapa besar efektifitas penerapan media berbasis powerpoint dalam pembelajaran
PAI untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP N 3 Kasihan
Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi
156 peserta didik yaitu seluruh siswa kelas 9 dari kelas A sampai E. Sampel
penelitian ini adalah 110 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple
random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, pre
test dan post test, dan juga dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik
uji statistik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
media berbasis powerpoint dalam pembelajaran PAI efektif digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP N 3 Kasihan Bantul. Hal
ini didasarkan pada analisis regresi linear sederhana yaitu dapat dijelaskan bahwa
nilai F hitung 39,528 > dari F tabel 1,92 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Dengan
demikian, penerapan media berbasis powerpoint dalam pembelajaran PAI efektif
digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.