Show simple item record

dc.contributor.authorSholahudin, Fajar Ahmad
dc.date.accessioned2024-03-07T03:57:47Z
dc.date.available2024-03-07T03:57:47Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48079
dc.description.abstractTugas akhir ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan e-commerce. Analisis faktor dilakukan dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) berdasarkan 20 indikator dari literatur terdahulu. Hasil analisis faktor mengidentifikasi enam faktor utama: User Experience (A), Aksesibilitas (B), Promosi (C), Keamanan (D), Akurasi (E), dan User Interface (F). Faktor-faktor ini menggambarkan pengalaman pengguna, aksesibilitas, promosi produk, keamanan transaksi, akurasi pengiriman, dan antarmuka pengguna. Prioritas faktor ditentukan dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) berdasarkan perbandingan berpasangan yang melibatkan keenam faktor tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor Keamanan dan Promosi menjadi dua faktor paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan e-commerce. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada perusahaan e-commerce untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Rekomendasi yang diberikan berupa peningkatan komitmen perusahaan terkait kebijakan perlindungan konsumen, optimalisasi pemberian voucher dan gratis ongkir, diversifikasi metode pembayaran, pengembangan fitur tambahan pada aplikasi, dan memastikan kualitas serta kesesuaian barang yang dijual. Pendekatan holistik ini diharapkan dapat memperkuat daya saing perusahaan di pasar e-commerce.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKepuasan Pelangganen_US
dc.subjectE-commerceen_US
dc.subjectConfirmatory Factor Analysis (CFA)en_US
dc.subjectAnalytical Hierarchy Process (AHP)en_US
dc.titleAnalisis Faktor Utama Kepuasan Pelanggan E-commerceen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17522041


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record