Gim Edukasi Bahasa Indonesia Sesuai Eyd (Ejaan Yang Disempurnakan) untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Kepentingan mematuhi pedoman Ejaan bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD)
dalam proses penulisan memiliki signifikansi yang sangat besar, karena faktor ini merupakan
salah satu elemen utama dalam praktik kegiatan menulis. Pentingnya penggunaan Ejaan
Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) dalam penulisan untuk memudahkan
pemahaman pembaca dan menjaga konsistensi bahasa. Untuk meningkatkan minat membaca
dan pemahaman siswa di tingkat SMP. Melihat dari penelitian tentang penulisan teks deskripsi
masih banyak kesalahan umum mengenai penggunaan tanda baca pada anak siswa SMP
sehingga diperlukan metode pembelajaran yang menarik, terutama dengan memanfaatkan
teknologi media digital sebagai alat pembelajaran yang lebih efektif. Dalam penelitian ini,
digunakan pendekatan dengan menggunakan gim edukasi. Gim dibangun dengan
menggunakan metode Game Development Life Cycle (GLDC) dalam pengembangannya
karena metode ini memberikan struktur dan organisasi yang jelas dalam seluruh proses
pengembangan gim. Metode ini membantu dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan
proyek gim, memastikan bahwa tahapan yang diperlukan diselesaikan dengan benar. Gim ini
dikembangkan dengan menggunakan Unity, yang merupakan salah satu perangkat lunak yang
berfokus pada pengembangan gim. Gim ini merupakan gim bergenre aksi petualangan yang
terdapat soal-soal bahasa Indonesia yang dikerjakan saat bermain gim tersebut. Berdasarkan
hasil pengujian gim dengan metode black box testing dan system usability scale. Skor dari hasil
SUS yakni 68 telah terbukti bahwa gim ini berfungsi dengan lancar , sehingga memungkinkan
penggunaannya sebagai alat bantu pembelajaran untuk memahami bahasa Indonesia sesuai
dengan pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD).
Collections
- Informatics Engineering [2154]