Show simple item record

dc.contributor.authorRohman, Muhammad Imam Sibaweh
dc.date.accessioned2024-03-04T10:59:26Z
dc.date.available2024-03-04T10:59:26Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47955
dc.description.abstractKesehatan mental adalah keadaan di mana seseorang merasa nyaman secara fisik psikologis, emosional dan sosial sehingga individu dapat mengenali kemampuannya sendiri menangani tekanan, menjadi produktif, dan berkontribusi pada lingkungannya. Sementara gangguan kecemasan adalah kondisi mental yang ditandai oleh perasaan cemas, khawatir, dan takut yang berlebihan. Hal ini bisa mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang. Adapun Social Anxiety Disorder (SAD) adalah ketakutan atau kecemasan yang muncul dalam situasi sosial tertentu atau situasi di mana tidak ada ancaman nyata terhadap situasi tersebut. Dengan berkembangnya zaman serta penggunaan smartphone yang hampir digunakan oleh seluruh dunia maka muncul juga berbagai cara untuk membantu para pengguna yang mengalami kecemasan berlebihan. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah tampilan antarmuka aplikasi yang berguna untuk membantu menurunkan kecemasan pengguna. MentalCare hadir untuk membantu mengatasi gangguan yang dialami pengguna dengan cara membuat fitur untuk membantu pengguna dalam melakukan kegiatan harian, pelacakan suasana hati, dan cara untuk mengurangi gejala kecemasan berlebihan. Dalam perancangan antarmuka aplikasi MentalCare digunakan metode Design Thinking yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap emphaty, define, ideate, prototype dan testing. kemudian dalam pengujian rancangan antarmuka aplikasi MentalCare responden diminta untuk mengisi kuesioner yang terdiri dari 10 pertanyaan. Hasil pengujian SUS menunjukan bahwa desain aplikasi MentalCare mendapatkan score SUS sebesar 81. Berdasarkan hasil tersebut Acceptability ranges desain aplikasi MentalCare berada pada tingkat acceptable, grade scale berada pada kelas B, serta Adjective ratings berada di tingkat excellent. Berdasarkan hasil pengujian tersebut membuktikan bahwa rancangan antarmuka aplikasi MentalCare dapat digunakan, dipahami, dan dipelajari oleh calon pengguna.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDesign Thinkingen_US
dc.subjectSUSen_US
dc.subjectRancangan Antarmukaen_US
dc.subjectAplikasien_US
dc.titlePerancangan UI/UX Pada Aplikasi untuk Pengidap Gangguan Kecemasan dengan menggunakan Metode Design Thinkingen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19523159


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record