Perbandingan Penjualan Produk Halal Labeled dan Non-labeled pada E-commerce Tokopedia Indonesia
Abstract
Beredarnya produk makanan dan minuman kemasan yang tanpa label halal di Indonesia
berpotensi menjadi masalah di masa mendatang. Label halal menjadi penanda penting sebuah
produk untuk menjamin produk tersebut telah melalui pengujian kehalalan yang sesuai.
Terlebih dengan adanya e-commerce yang memiliki peran besar dalam transaksi jual-beli
secara online. Tokopedia Indonesia merupakan salah satu platform e-commerce populer di
Indonesia, menawarkan berbagai produk termasuk produk makanan dan minuman dalam
kemasan. Selain itu, Tokopedia juga menjual produk tanpa label halal dengan tingkat penjualan
yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk dilaksanakan guna membandingkan
penjualan produk berlabel halal dan tidak pada produk makanan dan minuman kemasan.
Penelitian ini menggunakan pengujian terhadap data yang diperoleh melalui metode web
scraping dengan menerapkan teknik HTML Parsing dari e-commerce Tokopedia. Pengujian
dilakukan dengan menggunakan 2 uji statistik yang terdiri dari uji normalitas Kolmogorov-
Smirnov dan uji nonparametrik Mann-Whitney U dengan tujuan untuk menilai perbedaan
penjualan antara dua kelompok yaitu produk berlabel halal dan tidak. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa p-value < 0.05 yang mengindikasikan adanya bukti yang cukup kuat
untuk menolak hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan
dalam hasil penjualan produk antara produk yang diberi label halal dan tidak di e-commerce
Tokopedia Indonesia dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat
perbedaan yang signifikan dalam hasil penjualan produk antara produk yang diberi label halal
dan tidak di e-commerce Tokopedia Indonesia.
Collections
- Informatics Engineering [2154]