dc.description.abstract | Belajar merupakan proses yang berlansung terus menerus dengan tujuan untuk
memaksimalkan potensi diri. Proses belajar sangat bergantung pada motivasi
siswa tersebut untuk belajar sebagai roda penggerak. motivasi belajar merupakan
hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh seorang siswa dalam proses belajar
mengajarnya. Kehadiran guru dapat memberikan dampak terhadap motivasi
belajar siswa. Dengan demikian guru harus menjadi seseorang yang kreatif, tidak
membosankan, dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sense of humor
menjadi salah satu hal yang dapat menjadikan guru tidak monoton dan bahkan
mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Partisipan penelitian ini adalah
siswa kelas XI SMA N 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif korelasional dengan alat ukur adaptasi dari indicator Motivasi Belajar
dan menggunakan alat ukur Multidimentional Sense of humor Scale atau MSHS.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dengan teknik
random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif
yang signifikan antara sense of humor guru dan motivasi belajar pada siswa.
Melalui hasil penelitian tersebut dapat diartikan semakin tinggi tingkat sense of
humor guru maka semakin tinggi pula motivasi belajar pada siswa. Sebaliknya,
semakin rendah tingkat sense of humor pada guru maka semakin rendah juga
motivasi belajar pada siswa. | en_US |