Show simple item record

dc.contributor.authorMuhamad, Figo Ari
dc.date.accessioned2024-03-01T06:39:39Z
dc.date.available2024-03-01T06:39:39Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47873
dc.description.abstractBelajar merupakan proses yang berlansung terus menerus dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi diri. Proses belajar sangat bergantung pada motivasi siswa tersebut untuk belajar sebagai roda penggerak. motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh seorang siswa dalam proses belajar mengajarnya. Kehadiran guru dapat memberikan dampak terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian guru harus menjadi seseorang yang kreatif, tidak membosankan, dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sense of humor menjadi salah satu hal yang dapat menjadikan guru tidak monoton dan bahkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan alat ukur adaptasi dari indicator Motivasi Belajar dan menggunakan alat ukur Multidimentional Sense of humor Scale atau MSHS. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara sense of humor guru dan motivasi belajar pada siswa. Melalui hasil penelitian tersebut dapat diartikan semakin tinggi tingkat sense of humor guru maka semakin tinggi pula motivasi belajar pada siswa. Sebaliknya, semakin rendah tingkat sense of humor pada guru maka semakin rendah juga motivasi belajar pada siswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSense of Humoren_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectSiswa SMAen_US
dc.titlePersepsi Sense Of Humor Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri X Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19320043


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record