Peran Big Five Personality Terhadap Perilaku Belanja Online melalui Shopee pada Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara big five personality traits
terhadap perilaku belanja online melalui Shopee pada mahasiswa. Hipotesis penelitian
ini yaitu terdapat hubungan yang positif antara big five personality traits dan perilaku
belanja online. Subjek penelitian berjumlah 134 mahasiswa aktif di perguruan tinggi
negeri maupun swasta dengan rentang usia antara 19-31 tahun. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu Big five Inventory milik Goldberg yang telah diadaptasi ke dalam
bahasa Indonesia oleh Ramdhani (2012) dan Skala Perilaku Belanja Online milik
Hardiyanto, Gunawan, Rafdinal, dan Afif (2020). Hasil analisis korelasi Spearman’s
Rho menunjukkan nilai p=0,000 dan nilai korelasi pada dimensi extraversion
(R=0,572), agreeableness (R=0,514) conscientiousness (R=0,513), dan openness to
experiences (R=0,588) menunjukkan kekuatan hubungan yang kuat dengan perilaku
belanja online sedangkan pada dimensi neuroticism (R=0,267) menunjukkan kekuatan
hubungan yang lemah. Hasil analisis tersebut membuktikan bahwa terdapat hubungan
yang signifikan antara big five personality traits dan perilaku belanja online, sehingga
hipotesis penelitian ini diterima. Hasil penelitian ini memiliki implikasi yang penting,
khususnya terkait dengan upaya untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terkait
perilaku berbelanja online agar meminimalisir pembelian online secara tidak terencana
yang mengakibatkan penyesalan setelahnya.
Collections
- Psychology [2270]