Rancangan UI/UX Aplikasi Bergerak (Mobile Apps) Dakwah Mahasiswa UII
Abstract
Dalam perjalanan melahirkan inovasi yang berkualitas, penelitian ini, berjudul
"Rancangan UI/UX Aplikasi Bergerak (Mobile Apps) Dakwah Mahasiswa UII," menandai
upaya kami dalam menggagas solusi kreatif dan berdaya guna. Latar belakang penelitian ini
didorong oleh urgensi kebutuhan Mahasiswa UII terhadap dakwah Islam, yang diselsaikan
dalam bentuk rancangan prototype UI/UX aplikasi dakwah Islam yang tidak hanya estetis,
tetapi juga memperhatikan aspek fungsional dan pengalaman pengguna yang mendalam.
Dengan mengusung metode pendekatan Design Thinking sebagai landasan, penelitian ini
mengajak untuk memahami secara mendalam kebutuhan dan harapan Mahasiswa UII.
Melalui tahapan lima fase dalam Design Thinking—Empathize, Define, Ideate, Prototype,
dan Testing—kami merancang antarmuka pengguna yang tidak hanya responsif terhadap
tuntutan fungsional, tetapi juga meresapi nuansa spiritualitas Mahasiswa UII.
Hasil penelitian ini memaparkan temuan-temuan yang dihimpun dari pelaksanaan
metodologi Design Thinking. Dalam gambaran singkat, penelitian ini mencerminkan
perjalanan dari pemahaman terhadap pengguna, merumuskan permasalahan, ideasi solusi
kreatif, implementasi prototipe aplikasi, hingga melakukan pengujian dan mendapatkan
umpan balik, sehingga dapat memberikan pengalaman dakwah yang unik dan bermakna.
Semoga penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan
aplikasi bergerak dakwah Islam di kalangan Mahasiswa UII, serta menjadi panduan bagi
penelitian selanjutnya dalam menghadirkan inovasi yang berlandaskan pemahaman
mendalam terhadap pengguna dan nilai-nilai dakwah Islam.
Collections
- Informatics Engineering [2170]