Pengaruh Jenis Layanan Pendaftaran dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rsiy Pdhi
Abstract
Latar Belakang: Jumlah rumah sakit di Indonesia dari tahun 2015-2019 terus
mengalami peningkatan baik kepemilikan pemerintah maupun swasta. Hal ini
menuntut rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan dan menjalin hubungan baik
dengan pasien. Kepuasan pasien merupakan perasaaan yang timbul setelah
pembandingan antara yang diperoleh dengan yang diharapkan. Pendaftaran
pasien merupakan tempat pelayanan awal di rumah sakit sehingga dapat
menentukan kesan pertama pasien terhadap suatu rumah sakit.
Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh jenis layanan pendaftaran dengan
tingkat kepuasan pasien rawat jalan di RSIY PDHI.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis analitik observasional
dengan desain cross-sectional. Jumlah responden, yakni 116 orang sesuai kriteria
inklusi dan eksklusi yang ditentukan peneliti. Analisis data dilakukan secara
univariat, analisis SERVQUAL, serta bivariat dengan Mann-Whitney test.
Hasil: Analisis SERVQUAL menunjukkan hasil negatif pada kedua jenis layanan
pendaftaran yang diartikan pasien masih belum puas terhadap layanan yang ada.
Analisis bivariat dengan Mann-Whitney Test didapatkan perbedaan rerata tingkat
kepuasan yang signifikan antara pendaftaran langsung dan Whatsapp (p<0,05).
Kesimpulan: Terdapat pengaruh jenis layanan pendaftaran dengan tingkat
kepuasan pasien rawat jalan di RSIY PDHI.
Collections
- Medical Education [2284]