Analisis Pola Beli Customers dengan Data Mining Menggunakan Metode Market Basket Analysis Pada Multiple-store Environment (Studi Kasus: Toko Retail Pamela, Yogyakarta)
Abstract
Pamella Grup memiliki komitmen dalam menjaga loyalitas customer. Untuk tujuan ini
dibutuhkan analisis keranjang belanja pada Pamella Tiga Supermarket dan Pamella
Empat Supermarket. Salah satu algoritma yang berlaku dalam aturan asosiasi adalah
algoritma apriori. Algoritma Apriori merupakan algoritma yang paling unggul dalam
frequent itemsets, selain itu algoritma ini juga lebih konsisten untuk output yang
dihasilkan. Dari dataset transaksi customer pada Pamella Tiga Supermarket dan Pamella
Empat Supermarket dalam dua minggu sebanyak 61.983 item untuk Pamella Tiga
Supermarket dan 40.936 untuk Pamella Empat Supermarket. Hasil dari algoritma apriori
menunjukkan 53 rules pembelian pada Pamella Tiga Supermarket dan 40 rules
pembelian pada Pamella Empat Supermarket, aturan ini didapatkan berdasarkan nilai
confidence sebesar 50% dan nilai support 0,1%. Dari seluruh rule yang dihasilkan pihak
manajemen Pamella Tiga Supermarket dan Pamella Empat Supermarket dapat
melakukan strategi penjualan yang sama.
Collections
- Industrial Engineering [2321]