Implementasi Business Intelligence Dalam Produksi Doilies Paper Dengan Menggunakan Konsep Decoupling Point
Abstract
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Direktorat Statisika Industri pada tahun 2022,
jumlah perusahaan industri manufaktur skala menengah dan besar mencapai sekitar 30
ribu perusahaan. Dengan persaingan pasar yang sangat kompetitif tersebut, kepuasan
pelanggan menjadi salah satu aspek dalam menilai perusahaan tersebut bagus atau tidak.
PT. X merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi doilies paper di
Indonesia. Permasalahan yang terjadi adalah perusahaan tidak mampu atau mengalami
keterlambatan dalam pemenuhan pesanan pelanggan. Hal ini dikarenakan strategi
produksi perusahaan yang menggunakan strategi make-to-order (MTO) yang
menyebabkan lead time perusahaan panjang. Dengan begitu, perusahaan tidak dapat
memenuhi kepuasan pelanggannya yang berpotensi kehilangan pelanggannya dan akan
berdampak pada berkurangnya keuntungan yang didapat. Penelitian ini akan
menggunakan konsep mass customization (MC) yang dapat memilki fleksibilitas tinggi
untuk menghasilkan berbagai jenis produk dengan lead time yang pendek. Perbaikan
sistem produksi dilakukan dengan memposisikan customer order decoupling point
(CODP) pada proses produksi. Selain itu akan digunakan business intelligence (BI)
dalam pengolahan data dan analisis data untuk membantu perusahaan dalam melakukan
pengambilan keputusan. Hasilnya didapatkan dengan menerapkan CODP pada sistem
produksi, terjadi pengurangan lead time produksi untuk masing-masing kategori. Ketiga
kategori memiliki pengurangan lead time yang sama yaitu sebanyak 0,1333 hari atau
sebesar 9%.
Collections
- Industrial Engineering [2224]