AJIAN PLACE-MAKING MELALUI TEORI GENIUS LOCI PADA AREA PUBLIK JALAN MALIOBORO, YOGYAKARTA
Date
2023-07-25Author
Bakti, Ilham
Prasasti Anggraini, Stefy
Kurniawan, Aris Ryant
Metadata
Show full item recordAbstract
Ruang publik adalah aspek penting untuk menciptakan ruang-ruang di
perkotaan dengan standart yang berkualitas. Standart ruang publik dapat ditingkatkan
dengan pendekatan place-making yang dibentuk dengan memfokuskan pada
pengalaman manusia. Place-making didefinisikan sebagai pendekatan desain ruang
publik yang memfokuskan pada pemanfaatan kekayaan lokal, sedangkan genius loci
adalah kejeniusan lokal suatu tempat atau lokasi yang apabila dihubungkan dengan
makna bahasa latinnya adalah jiwa yang ada di tempat tertentu. Pada kawasan
malioboro terdapat genius loci yang memicu tempat ini menjadi ruang publik yang ramai
dikunjungi masyarakat. Sehingga ditetapkan sebagai studi kasus pada kajian ini. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bertujuan
mengidentifikasi aspek genius loci yaitu aspek tangible dan intangible pada jalan
malioboro sebagai ruang publik. Aspek tangible berupa objek benda yaitu museum
vredeberg, pasar beringharjo dan bank bni 46 yang dipilih karena merupakan salah satu
objek yang menjadi daya tarik dan merupakan bangunan yang paling berpengaruh
dalam konteks budaya dan sejarah pada kawasan malioboro, sedangkan intangible
berupa tak benda yaitu budaya, sosial, dan ekonomi. Diharapkan dengan adanya kajian
ini memberikan wawasan kepada masyrakat tentang pentingnya genius loci pada suatu
kawasan publik.