Re-inventing Spaces: Strategi Placemaking Pada Ruang Publik Setelah Pandemi Covid-19
Abstract
Re-inventing ruang publik menjadi salah satu konsep pengembangan strategi
desain yang memberikan suasana dan makna baru dalam ruang – ruang kota yang
terbengkalai pasca pandemi. Kebutuhan ruang publik yang tinggi dan penting menjadi
bagian dari pertimbangan memanfaatkan ruang – ruang terbengkalai di dalam kota
untuk mengembangkan konsep reinventing publik space sebagai bagian dari strategi
desain. Tujuan dari makalah ini untuk memberikan bahan kajian teori – teori dan studi
kasus dari konsep reinventing publik space terutama pada periode pasca pandemi.
Metode penulisan yang digunakan dengan melakukan kajian dari berbagai teori dan studi
kasus dalam penelitian yang dilakukan dengan komparasi strategi placemaking yang
digunakan. Hasil dari penelitian menunjukkan kajian terkait dengan reinventing publik
space merupakan sebuah bagian dari strategi yang dapat digunakan untuk
menghidupkan kembali ruang – ruang terbengkalai dan memberikan konsep livable cities
kepada masyarakat perkotaan yang melibatkan people dan place dengan aspek
kesehatan dan berkelanjutan sebagai aspek pentingnya.