Hubungan Task Aversiveness dan Prokrastinasi Akademik melalui Leisure Activities
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara task aversiveness
dan prokrastinasi akademik serta peran leisure activities dalam menghubungkan
keduanya pada kalangan mahasiswa. Prokrastinasi akademik adalah fenomena
menunda-nunda tugas akademik yang penting. Task aversiveness mengacu pada
seberapa jauh tugas dianggap sebagai hal yang tidak menyenangkan atau
mengancam oleh individu yang harus melakukannya. Leisure activities merupakan
aktivitas yang dilakukan di waktu yang tersedia setelah menghentikan aktivitas
tertentu atau waktu yang digunakan untuk kepentingan yang berkaitan motivasi
intrinsik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
melibatkan 130 mahasiswa aktif dari berbagai Universitas yang berbeda. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online dan mencakup skala
pengukuran untuk mengukur tingkat prokrastinasi akademik, task aversiveness, dan
leisure activities. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang
signifikan antara task aversiveness dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa.
Namun hasil analisis hubungan antara task aversiveness dan leisure activities hanya
signifikan di satu jenis aktivitas saja. Hal yang sama ditemukan pada hubungan
antara leisure activities dan prokrastinasi akademik. Adapun peran leisure activities
dalam memediasi hubungan antara task aversiveness dan prokrastinasi akademik
pada mahasiswa tidak ditemukan signifikan.
Collections
- Psychology [2177]