dc.description.abstract | Dalam industri ritel yang sangat kompetitif, perusahaan dituntut untuk terus berinovasi dan
mencari strategi bisnis yang unik guna meningkatkan performa penjualan mereka. Intimart
Gedongan merupakan salah satu toko minimarket yang berada di bawah naungan perusahaan
CV Intimart. CV Intimart sendiri telah berdiri sejak tahun 2018 dan mengoperasikan lebih dari
10 cabang atau minimarket yang tersebar di kota Yogyakarta dan Solo. Dalam pelaksanaannya,
Intimart Gedongan masih memiliki penjualan yang naik turun selama 1 tahun sehingga sales
penjualan tidak memenuhi target secara konsisten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis pola perilaku pembelian konsumen di toko Intimart Gedongan guna memberikan
rekomendasi strategi yang dapat efektif dalam meningkatkan penjualan. Data yang digunakan
pada penelitian ini adalah data transaksi penjualan dari Toko Intimart Gedongan bulan
November 2022, Desember 2022, dan Januari 2023. Metode yang digunakan pada penelitian
ini adalah Association Rule – Market Basket Analysis (AR-MBA) algoritma FP-Growth dan
Clustering Analysis algoritma K-Means. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada Proses
Clustering dengan K-means peneliti menggunakan software VSCode dan memanfaatkan
library scikit-learn dalam bahasa pemprograman Python, didapatkan 4 cluster yang terbentuk
yaitu, Mid-Morning Moderates, Diverse Afternoon Buyers, Evening Moderates, High-Value
Customers. Pada metode AR- MBA algoritma FP-Growth dengan bantuan library mlxtend
dalam bahasa pemprograman Python, peneliti menggunakan data dari kluster 2, karena kluster
ini memiliki nilai transaksi yang berada dalam kisaran cukup tinggi dan pelanggan cenderung
membeli berbagai variasi produk dimana kluster ini dapat berpotensi menjadi kluster High-
Value Customers. Dari penelitian ini dihasilkan aturan asosiasi sebanyak 104 rules. Hasil
analisis yang diperoleh dapat dijadikan pertimbangan dalam melakukan strategi pemasaran
untuk meningkatkan penjualan diantaranya product bundling dan program poin kepada
pelanggan. | en_US |