Show simple item record

dc.contributor.authorHaikal, Mochamad Sahid
dc.date.accessioned2024-01-22T01:54:23Z
dc.date.available2024-01-22T01:54:23Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46830
dc.description.abstractSeiring dengan ketatnya persaingan bisnis di era modern, perusahaan dituntut untuk memberikan produk yang memiliki kualitas terbaik dan sesuai dengan keinginan konsumen. Untuk itu, perusahaan juga perlu melakukan pengukuran kinerja jika ingin menghasilkan produk yang berkualitas serta dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Untuk melakukan pengukuran kinerja, dibutuhkan suatu indikator kinerja berupa Key Performance Indicator (KPI). CV. Sogan Batik Rejodani tidak memiliki Key Performance Indicator (KPI) pada bagian penjahitan batik, sehingga perusahaan tidak dapat menilai kinerja bagian penjahitan secara optimal. Karena tidak dapat menilai kinerjanya secara optimal, maka perusahaan cenderung kesulitan dalam melakukan evaluasi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan KPI agar dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan pengukuran kinerja pada bagian penjahitan. Adapun perancangan KPI dan pengukuran kinerjanya menggunakan pendekatan Sustainability Balanced Scorecard (SBSC) yang terdiri dari 5 perspektif berupa perspektif sosial, ekonomi, proses internal bisnis, pembelajaran & pertumbuhan, dan lingkungan. Berdasarkan hasil perancangan KPI dan pengukuran kinerja yang telah dilakukan, didapatkan skor pada kinerja CV. Sogan Batik Rejodani bagian penjahitan sebesar 66,67% yang berarti masuk pada kategori baik. Adapun terdapat juga indikator KPI yang perlu diperbaiki yaitu revenue per employee (perspektif pembelajaran & pertumbuhan) dengan nilai 1.462.796 dan target 2.000.000, tingkat konsumsi listrik (perspektif lingkungan) sebesar 69,21% dengan target 45%, tingkat daur ulang perca (perspektif lingkungan) sebesar 33,18% dengan target 50%, pertumbuhan jumlah customer (perspektif sosial) sebesar 5,29% dengan target 20%, tingkat utilitas produk (perspektif proses internal bisnis) sebesar 87,41% dengan target 100%, dan tingkat kepuasan karyawan (perspektif pembelajaran & pertumbuhan) sebesar 66% dengan target 75%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKinerja Perusahaanen_US
dc.subjectPengukuran Kinerjaen_US
dc.subjectKey Performance Indicator (KPI)en_US
dc.subjectSustainability Balanced Scorecard (SBSC)en_US
dc.subjectBalanced Scorecard (BSC)en_US
dc.titlePerancangan Key Performance Indicator (KPI) menggunakan Pendekatan Sustainability Balanced Scorecard (SBSC) untuk Mengukur Kinerja Perusahaan Bagian Penjahitan (Studi Kasus: Cv. Sogan Batik Rejodani)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19522390


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record