Penerapan Data Mining dengan Algoritma Kmeans Terhadap Data Transaksi Penjualan (Studi Kasus: CV. Sogan Batik Rejodani)
Abstract
CV. Sogan Batik Rejodani merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang fashion yang
memproduksi pakaian batik. Produk yang dihasilkan berupa blouse batik, kemeja batik,
dress batik, blazer batik, gamis batik dan lain-lain. Setiap hari Sogan Batik melayani
transaksi penjualan yang banyak, hal ini membuat data transaksi penjualan menumpuk,
data sering kali diperlakukan hanya sebagai rekaman tanpa ada pengolahan. Sehingga,
tidak memiliki nilai guna yang cukup baik untuk dimanfaatkan. Hal ini dapat
menyebabkan kekecewaan pelanggan karena barang yang diinginkan sering habis dan
Perusahaan dapat mengalami kerugian karena mengalami overstock. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana data transaksi penjualan dimanfaatkan sehingga
bisa mendapatkan strategi pemasaran yang cocok untuk Sogan Batik Rejodani dengan
cluster variabel kode agen, dan daerah. Oleh karena itu, diperlukan proses pengolahan
data besar dengan menggunakan suatu teknik data mining. Pada penelitian ini, teknik data
mining yang digunakan yaitu metode K-means Clustering dengan bantuan pemrograman
pyhton. Tujuan pengelompokan data ini adalah untuk meningkatkan variasi antar
kelompok dan mengurangi fungsi objektif yang dikumpulkan dalam suatu kelompok.
Hasil yang didapatkan berupa visualisasi data yang menampilkan variabel-variabel yang
digunakan. Dengan menerapkan data mining menggunakan Algoritma K-means,
perusahaan dapat memanfaatkan jumlah data transaksi yang muncul pada setiap
periodenya. Sehingga, perusahaan dapat melakukan analisis lebih mendalam dan luas lagi
terhadap variabel-variabel yang ada.
Collections
- Industrial Engineering [2224]