Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) menggunakan Metode User Centered Design (UCD) pada Aplikasi Pengajuan Kaizen (Studi Kasus: PT Yamaha Indonesia)
Abstract
Digitalisasi yang dilakukan terhadap sistem pengajuan Kaizen di perusahaan PT Yamaha
Indonesia saat ini karena perusahaan masih menggunakan slip kertas dalam proses
pengajuan Kaizen sehingga mempengaruhi efisiensi dan efektivitas pada perusahaan.
Proses digitalisasi yang akan dilakukan yaitu merancang User Interface (UI) dan User
Experience (UX) sebagai langkah awal dalam proses pengembangan aplikasi pengajuan
kaizen. Dalam merancang UI/UX digunakan metode User Centered Design (UCD) yang
memastikan desain antarmuka dapat memberikan pengalaman sesuai dengan keinginan
user. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, Usability
testing dan kuesioner dengan skala likert. Usability testing dan kuesioner dilakukan
menggunakan tools pada platform Maze.co yang telah memenuhi aspek efektivitas,
efisiensi, dan kepuasan sesuai ISO 9241-11. Hasil pengujian aplikasi pengajuan kaizen
yang diberi nama Kaizen Order App, dilakukan karena terdapat permasalahan yang
ditunjukan dari hasil heatmaps dan terdapat saran yang diberikan responden pada
usability test pertama. Hasil dari usability test pertama diperoleh rata-rata 82,6 dan pada
penelitian kedua diperoleh 93,4 yang termasuk dalam kategori tinggi. Kemudian
diperoleh nilai kepuasan dari kuesioner sebesar 84% dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan nilai usability dan tingkat kepuasan tersebut, perancangan UI/UX pada
aplikasi Kaizen Order App dapat memenuhi aspek usabilitas berdasarkan ISO 9241-
11 yaitu efektivitas, efisiensi dan kepuasan.
Collections
- Industrial Engineering [2235]