Manajemen Waktu dan Stres Akademik pada Mahasiswa Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia
Abstract
Kehidupan mahasiswa merupakan masa yang rentan ditemui stres akademik, hal ini
dikarenakan beban kuliah dan tuntutan akademik yang tinggi. Stres akademik yang
tidak dikelola dengan baik akan dapat menimbulkan banyak masalah bagi
mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan
antara manajemen waktu dan stres akademik pada mahasiswa. Responden
penelitian ini terdiri dari 85 mahasiswa yang tercatat aktif di pondok pesantren
Universitas Islam Indonesia. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan dua
skala, pertama skala manajemen waktu milik Macan (1990) yaitu Time
Management Behavior Scale dan kedua skala stres akademik milik Sun, Dunne, &
Hou (2011) yaitu Educational Stress Scale for Adolescent. Analisis data dengan
menggunakan teknik statistik parametrik korelasi pearson product moment
menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0.341 dengan nilai signifikansi p =
0.001 (p<0.05). Hasil tersebut menjelaskan bahwa terdapat hubungan negatif yang
signifikan antara manajemen waktu dan stres akademik, yang mana semakin tinggi
manajemen waktu maka semakin rendah stres akademik dan sebaliknya.
Collections
- Psychology [2177]