Penerapan Metode Smart untuk mendukung Pemilihan Pemain pada Game Fantasy Premiere League
Abstract
Perkembangan teknologi telah merambah fans sepakbola melalui kehadiran gim sepak
bola fantasi seperti Fantasy Premier League (FPL). Gim ini memberikan kesempatan kepada
para fans untuk menjadi manajer tim, mengelola pemain-pemain Liga Inggris, dan
berkompetisi di dunia nyata dalam menerapkan analisis dan pengambilan keputusan untuk
memenangkan poin sebanyak mungkin. Dalam permainannya, Fantasy Premiere League
memungkinkan para fans sepaknola untuk memilih 15 pemain dari berbagai klub di Liga
Primer Inggris dan membagi mereka ke dalam setiap posisi sesuai pemain, dan membentuk
tim layaknya pertandingan sepakbola pada dunia nyata. Dalam pemilihan pemain Fantasy
Premiere League, terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pemain
seperti harga, performa pemain selama bertanding, dan statistik pemain selama laga
berlangsung. Dengan adanya berbagai faktor tersebut, perlu adanya sistem pendukung
keputusan pemilihan pemain yang dapat memberikan rekomendasi terhadap pemain
berdasarkan harga, performa pemain selama bertanding, dan statistik pemain selama laga
berlangsung. Dalam pengembangan sistem pendukung keputusan, perlu adanya metode yang
digunakan untuk memberikan rekomendasi terkait pemilihan pemain pada sistem. Dengan
adanya metode yang digunakan, akan memudahkan sistem untuk melakukan perhitungan
terhadap rekomendasi sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh para pemain Fantasy Premiere
League. Metode SMART adalah metode yang menggabungkan beberapa atribut dan
digunakan untuk memberikan bobot pada setiap atribut berdasarkan tingkat kepentingannya
dan kemudian melakukan perbandingan relatif antara pemain-pemain berdasarkan atribut-
atribut tersebut. Dengan menggunakan sistem keputusan pemilihan pemain menggunakan
metode SMART, para pemain Fantasy Premier League bisa mendapatkan rekomendasi
pemain sesuai kebutuhan yang di perlukan dalam menghadapi berbagai pertandingan Fantasy
Premiere League.
Collections
- Informatics Engineering [2170]