dc.description.abstract | Penyesuaian diri siswa memainkan peran penting dalam pembelajaran setiap generasi.
Pnyesuaian diri siswa merupakan kemampuan individu untuk mengelola tugas-tugas
akademik, sosial, dan psikologis. Dukungan sosial merupakan suatu bantuan dari orang lain
yang dipersepsikan sebagai dukungan. Santrock (2007) menyatakan bahwa manajemen
waktu merupakan suatu hal yang dapat membantu siswa lebih produktif, memberikan
keseimbangan antara belajar dan bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah manajemen waktu dan dukungan sosial dapat memprediksi penyesuaian diri siswa
di SMK “AHK 2 Benda” Brebes, Jawa Tengah. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan skala dukungan sosial, skala manajemen waktu dan skala Penyesuaian Diri
Siswa yang disusun berdasarkan hasil modifikasi dari skala sebelumnya. Responden dalam
penelitian ini sejumlah 110 siswa kelas X SMK AHK 2 BENDA. Desain penelitianmenggunakan cross sectional design dengan 1 variabel kriteria yaitu penyesuaian diri siswa
dan 2 variabel prediktor yaitu dukungan sosial dan manajemen waktu. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda yang dilakukan dengan
bantuan program SPSS versi 22 dan JASP. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai p <
0.001. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, bahwa dukungan sosial dan
manajemen waktu mampu memprediksi penyesuaian diri pada siswa SMK AHK 2 Benda,
Brebes. Persentase sumbangan efektif variabel dukungan sosial dan manajemen waktu
terhadap penyesuaian diri sebesar 67,3%. Hasil penelitian menunjukkan arah korelasi
positif dimana semakin tinggi dukungan sosial dan manajemen waktu yang dimiliki siswa,
maka penyesuaian dirinya semakin baik. | en_US |