Penerapan Metode Contextual Teaching and Leraning dalam Pembalajaran PAI untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD N Taraman Sinduharjo Sleman
Abstract
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah konsep belajar
yangmembantu guru untuk mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan
situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara
pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan. Pendidikan
saat ini yang belum terlalu mengenal pembelajaran Contextual Teaching and
Learning, masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajarannya
yang mengakibatkan siswanya terlihat pasif dalam proses pembelajarannya.
Pasifnya siswa dalam proses pembelajaran terlihat dari banyaknya siswa yang
mengantuk hingga mengobrol selama proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian
ialah untuk mengetahui hasil dari tingkatan hasil belajar siswa kelas v setelah
menerapkan metode contextual teaching and learning dari aspek psikomotorif,
kognitif dan afektif siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik
triangulasi sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Peneliti melakukan
berbagai pendekatan untuk menyelidiki keandalan data seperti pengamatan
komprehensif serta teknik pengumpulan data triangulasi. Penelitian ini dilakukan
di SDN Taraman Sinduharjo dengan siswa kelas V sebagai subjek penelitiannya.
Penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode contextual teaching and
learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SDN Taraman sudah
berjalan baik namun kurangnya pemahaman guru terkait CTL hingga terbatasnya
waktu pembelajaran masih menjadi kendala dalam penerapan pembelajaran
Contextual Teaching and Learning di SDN Taraman Sinduharjo.
Collections
- New Submissions [127]