Show simple item record

dc.contributor.authorBahtiar, Satya Abdul Halim
dc.date.accessioned2024-01-12T04:07:46Z
dc.date.available2024-01-12T04:07:46Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46497
dc.description.abstractPenelitian ini berfokus pada analisis sentimen di Google Play Store, platform untuk mengunduh aplikasi Android dan memberikan ulasan. Analisis sentimen penting untuk memahami respons pengguna terhadap aplikasi, terutama di marketplace. Dalam penelitian ini, dua algoritma machine learning, yaitu Naïve Bayes dan Logistic Regression, digunakan untuk mengklasifikasikan ulasan pengguna. Naïve Bayes dan Logistic Regression sering digunakan untuk klasifikasi sentimen karena keunggulan simplicitas, efisiensi komputasi, dan kemampuan memberikan interpretasi dan estimasi probabilitas prediksi yang baik. Penilaian rating aplikasi digunakan sebagai referensi untuk menentukan sentimen dari setiap komentar. Dataset dibagi menjadi dua kondisi: menggunakan 2 label (positif & negatif) dan 3 label (positif, netral, & negatif). Hasil pengujian menunjukkan bahwa performa tertinggi diperoleh dengan menggunakan Logistic Regression pada dataset Shopee dengan 2 label. Akurasinya mencapai 84,58%, presisinya 84,66%, dan recallnya 84,63%. Selain itu, waktu proses tercepat terjadi saat menguji dataset Lazada 2 label dengan Naïve Bayes, hanya memerlukan 0,038 detik. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa dataset dengan 2 label cenderung menghasilkan tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan dataset 3 label.en_US
dc.subjectNaïve Bayesen_US
dc.subjectLogistic Regressionen_US
dc.subjectMarketplaceen_US
dc.subjectGoogle Play Storeen_US
dc.subjectRating-based Labelingen_US
dc.titlePerbandingan Naïve Bayes dan Logistic Regression dalam Sentiment Analysis pada Review Marketplace menggunakan Rating- Based Labelingen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19917014


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record