dc.description.abstract | Kurangnya keterlibatan siswa sering menjadi permasalahan dalam
pembelajaran. Kondisi tersebut ditandai dengan adanya perilaku
membolos, kebosanan dan prestasi belajar yang rendah. Dalam situasi
tersebut, siswa membutuhkan dukungan orang tua dan efikasi diri
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan
dukungan keluarga dan efikasi diri terhadap keterlibatan siswa di
Sekolah Menengah Kejuruan di Pekanbaru. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian
(N=251). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster
random sampling. Skala yang digunakan digunakan dalam penelitian
ini adalah skala Keterlibatan Siswa, General Self Efficacy (GSE), dan
Social Support Questionnaire for Children (SSQC). Teknik analisis
data menggunakan regresi berganda. Hasilnyha menunjukkan nilai F =
30,342, p < 0,001. Maka dapat disimpulkan bahwa dukungan orang
tua dan efikasi diri mempengaruhi keterlibatan siswa di Sekolah
Menengah Kejuruan di Pekanbaru. | en_US |