Analisis Nation Branding Brasil melalui World Cup 2014 berdampak terhadap Sektor Pariwisata Tahun 2014-2018
Abstract
Penyelenggaraan World Cup memberikan keuntungan bagi Brasil dari kepentingan negara,
yaitu event internasional dapat menaikkan status dan citra negara di dunia internasional.
Namun, penyelenggaraan World Cup menuai demonstrasi dari masyarakat Brasil. Penulis
menggunakan teori nation branding dalam penyelenggaraan World Cup di Brasil untuk
memenuhi tiga kebutuhan tujuan utama, yaitu menarik wisatawan, menarik investasi asing,
dan meningkatkan ekspor negara. Meskipun mendapatkan tuntutan dan demonstrasi dari
masyarakat, pemerintah Brasil tetap melaksanakan pembangunan dan memberikan dukungan
terhadap penyelenggaraan World Cup. Karna event ini akan memberikan keuntungan jangka
panjang dan pendek bagi pemerintah Brasil. Nation branding di sektor pariwisata
menunjukkan bagaimana suatu negara dapat mempromosikan sektor pariwisata yang sesuai
dengan stereotip negara dan berfokus terhadap ikon nasional. Jumlah penumpang dalam
penerbangan internasional Brasil mengalami kenaikan di beberapa tahun tertentu pasca World
Cup, terutama pada tahun 2018. Hal ini menunjukkan bahwa, nation branding Brasil telah
berhasil menarik wisatawan untuk kembali ke Brasil. Data penerbangan internasional ini
merupakan strategi nation branding yang dilakukan oleh pemerintah Brasil. Di mana,
pemerintah Brasil dapat menarik wisatawan melalui keanekaragaman budaya dan keindahan
alam Brasil. Peningkatan dalam sektor penerbangan dan wisatawan telah memperlihatkan
keberhasilan nation branding Brasil dalam menarik kedatangan masyarakat internasional.
Collections
- International Relations [536]