Implementasi Tahap Testing pada Design Thinking untuk Pengembangan Sistem Pembelajaran di SMAN 1 Sleman
Abstract
Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi pada abad ke-21, semakin
terpengaruhnya dampak yang terjadi dalam berbagai bidang terutama pada bidang
pendidikan di mana munculnya media pembelajaran dan ilmu pengetahuan baru yang
berhubungan dengan teknologi dan komunikasi menuntut setiap elemen dalam bidang
pendidikan. Design thinking adalah metode yang mampu menghadapi berbagai
permasalahan yang dialami pada abad ke-21 ini. Design thinking merupakan keterampilan
penting yang perlu dikembangkan dalam meningkatkan tunjangan siswa dalam bidang
akademik maupun bidang sosial dengan kemampuan untuk berpikir secara kreatif, inovatif,
dan solutif. Program pengabdian masyarakat dilaksanakan di SMAN 1 Sleman yang
terletak di Jl. Magelang Km.14 Medari, Jetis, Caturharjo, Kec. Sleman, Kabupaten
Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan program diawali dengan pemberian
materi pengenalan kepada siswa tentang salah satu tahapan pada design thinking yaitu
tahap testing. Setelah pemberian pengenalan dilakukannya praktik studi kasus tahap
testing. Praktik studi kasus dilaksanakan dengan melakukan pengujian prototipe desain
antarmuka yang sudah dibuat pada penelitian sebelumnya. Pemberian materi dan pelatihan
kepada siswa mengenai tahap testing pada design thinking terlaksana dengan lancar. Hasil
ini akan dijadikan salah satu basis untuk melaksanakan pengembangan prototipe sistem.
Prototipe sistem akan digunakan sebagai basis pengembangan dan implementasi sistem
dengan metode pengembangan agile. Sistem yang dikembangkan merupakan solusi
permasalahan SMAN 1 Sleman yang bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran
yang kemudian diuji oleh siswa. Keberhasilan program dievaluasi dengan pengukuran
hasil kuesioner likert scale yang diberikan kepada SMAN 1 Sleman.
Collections
- Informatics Engineering [2148]