Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Prolanis dan Program Rujuk Balik (Prb) Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) di Apotek Sembada
Abstract
Latar belakang: Prolanis dan PRB adalah program pengendalian prevalensi
penyakit kronis dan pemeliharaan kesehatan bagi peserta JKN. Kepuasan pasien
terhadap program tersebut masih rendah pada atribut pelayanan yang
mempengaruhi suatu kualitas pelayanan. Untuk menjamin terlaksananya
pelayanan kesehatan yang berkualitas perlu dilakukan evaluasi kepuasan pasien.
Tujuan: Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien berdasarkan kenyataan,
kesenjangan (gap) kepuasan pasien berdasarkan kenyataan dan harapan serta
hubungan antara karakteristik dengan kepuasan pasien berdasarkan gap terhadap
pelayanan Prolanis dan PRB di Apotek Sembada.
Metode: Penelitian observasional deskriptif dengan rancangan penelitian cross
sectional dilaksanakan di Apotek Sembada pada bulan April-Mei 2023 dengan
instrumen kuesioner terhadap 100 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu
accidental sampling. Analisis hubungan menggunakan uji statistik chi-square dan
spearman rank correlation.
Hasil: Tingkat kepuasan responden pada seluruh dimensi berada pada kategori
sangat puas dengan hasil sebesar 90.06% (jaminan), 89.71% (kehandalan),
89.60% (empati), 87.17% (bukti fisik) dan 86.29% (ketanggapan). Diperoleh gap
pada seluruh dimensi -0.32 (ketanggapan), -0.25 (bukti fisik), -0.22 (kehandalan),
-0.11 (jaminan) dan -0.01 (empati). Analisis hubungan karakteristik pasien dengan
kepuasan pasien menghasilkan nilai p-value > 0.05.
Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Prolanis dan PRB
berada dalam kategori sangat puas, diperoleh gap karena kenyataan yang diterima
lebih rendah dari harapan pasien dan tidak ada hubungan antara karakteristik
dengan kepuasan pasien.
Collections
- Pharmacy [1444]