Analisis Kapasitas Struktur Atas Jembatan Rangka Baja Nilo berdasarkan Sni 1725:2016 (Analysis Of The Upperstructure Capacity Of Nilo Truss Bridge Based On Sni 1725:2016)
Abstract
Jembatan Nilo merupakan jembatan eksisting rangka baja yang menghubungkan
Pangkalan Kerinci dengan Pangkalan Kuras pada Kab. Pelalawan. Jembatan ini
mempunyai panjang 300 m dengan 5 bentang yang masing-masing mempunyai panjang
60 m. Jembatan Nilo telah dirancang pada tahun 2010 dan dilaksanakan pada tahun 2020.
Selama rentang waktu tersebut, terjadi adanya perubahan standar pembebanan jembatan
terbaru, yaitu SNI 1725:2016. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis lebih lanjut
terhadap kapasitas struktur atas jembatan Nilo berdasarkan SNI 1725:2016.
Penelitian dilakukan dengan permodelan pada struktur atas jembatan rangka baja
tipe warren menggunakan SAP2000. Perencanaan pembebanan jembatan menggunakan
peraturan standar terbaru, yaitu dengan SNI 1725:2016. Adapun peraturan jembatan yang
lain sebagai pelengkap seperti RSNI T-02-2005. Analisis struktur atas jembatan dibantu
dengan menggunakan program komputer SAP2000 dan Microsoft Excel dengan metode
LFRD (Load and Resistance Factor Design) untuk mengetahui kapasitas struktur atas
jembatan yang meliputi gaya aksial, momen lentur, gaya geser dan rasio tegangan.
Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa gaya dalam yang terjadi pada
struktur atas jembatan Nilo berdasarkan SNI 1725:2016 yang meliputi gaya aksial, rasio
tegangan, gaya geser, dan momen lentur masih memenuhi persyaratan. Beban yang
diterima jembatan Nilo berdasarkan SNI 1725:2016 lebih kecil daripada kapasitas beban
rencana. Nilai rasio tegangan pada rangka batang jembatan ≤ 1, sehingga pembebanan
yang diterima oleh jembatan Nilo berdasarkan SNI 1725:2016 aman terhadap kapasitas
struktur.
Collections
- Civil Engineering [4199]