dc.contributor.advisor | 19915040 | |
dc.contributor.author | Zakiyah, Milya | |
dc.date.accessioned | 2023-12-15T08:49:47Z | |
dc.date.available | 2023-12-15T08:49:47Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.uri | dspace.uii.ac.id/123456789/46061 | |
dc.description.abstract | Motivasi belajar pasca selama pandemi mengalami penurunan, sementara hal itu diperlukan agar siswa
dapat menguasai materi pelajaran. Regulasi diri dalam belajar dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa
dan keterlibatan orang tua dapat memperkuat pengaruh tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peran keterlibatan orang tua sebagai moderator antara regulasi diri dalam belajar terhadap
motivasi belajar. Instrumen penelitian ini menggunakan skala Self-Regulation Online Learning Scale
SROL dari Arbiyah, (2016), skala keterlibatan orang tua dari Suparman & Sahrani, (2019) skala motivasi
belajar Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) dari Nausheen (2016) yang telah
diadaptasi kembali oleh (Bisma & Rachmawati, 2018) Responden dalam penelitian ini berjumlah 412
siswa SMP dan data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan software Jamovi. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa keterlibatan ayah dan ibu sama-sama dapat memperkuat pengaruh antara regulasi
diri dalam belajar online dan motivasi belajar online siswa | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Keterlibatan orang tua | en_US |
dc.subject | Regulasi diri dalam Belajar | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar | en_US |
dc.title | Peran Keterlibatan Orang Tua sebagai Moderator antara Regulasi Diri Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Pembelajaran Daring | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |