Pengembangan Aplikasi Bergerak untuk Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Islam Indonesia
Abstract
PKM merupakan wujud nyata dari kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat,
kewirausahaan, inovasi teknologi, dan karya tulis ilmiah. PKM Corner UII merupakan unit
khusus di bawah koordinasi Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan Universitas Islam
Indonesia (DPK UII). Penggunaan berbagai media, tidak adanya pemberitahuan informasi, dan
proses komunikasi yang lambat menyebabkan alur seleksi menjadi kurang efektif. Berdasarkan
keadaan tersebut, sistem informasi interaktif perlu dibangun melalui sehingga dapat membantu
PKM Corner UII dan mahasiswa dalam berinteraksi dan mengefektifkan alur seleksi karya
ilmiah mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah membantu penyampaian informasi dan
meningkatkan komunikasi interaktif antara peserta dan tim PKM Corner UII. Sistem informasi
yang dikembangkan merupakan aplikasi mobile yang pada dasarnya selalu berada dalam jarak
dekat pengguna menjadikannya perangkat yang mudah digunakan yang memungkinkan
komunikasi cepat.
Penelitian ini menggunakan metode scrum. Adapun tahapan Scrum Methodology yang
digunakan, yaitu membuat product backlog, fase sprint (Sprint backlog, daily scrum, sprint
review, dan sprint retrospective). Hasil menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan
memuat fitur unggah proposal dengan mekanisme proposal mahasiswa tersimpan di halaman
administrator sehingga memudahkan dalam mengumpulkan berkas milik mahasiswa, begitu
pula sebaliknya. Fitur pesan yang dapat digunakan sebagai media informasi penyebaran nomor
panitia kepada mahasiswa, dan fitur unggah jadwal dan pemberitahuan yang dapat membantu
administrator dalam penyebaran informasi. Pengujian pada aplikasi menggunakan metode
usability testing dan black box testing. Dengan demikian, hasil dari penelitian adalah aplikasi
yang dapat membantu mempermudah penyebaran informasi serta dapat membangun
komunikasi interaktif.
Collections
- Informatics Engineering [2170]