Show simple item record

dc.contributor.authorFitra, Luthfi Syukriansyah
dc.date.accessioned2023-11-22T02:11:17Z
dc.date.available2023-11-22T02:11:17Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/45870
dc.description.abstractPenggunaan kaidah atau aturan yang terdapat pada EYD dalam berkomunikasi secara tulisan dapat memberi kejelasan terhadap komunikasi yang dilakukan, baik tertulis maupun tidak tertulis. Akan tetapi, penggunaan kaidah EYD di kalangan siswa sekolah dasar masih dinilai kurang maksimal. Berdasarkan penelitian terdahulu, didapatkan hasil bahwa mayoritas siswa usia sekolah dasar masuk dalam kriteria kurang mampu dalam memahami kaidah yang terdapat pada EYD. Hal ini dipicu dari kurangnya minat membaca dan belajar siswa, selain itu kurangnya media pembelajaran yang menarik menjadi salah satu pemicu dari masalah ini. Untuk menangani masalah tersebut, dibutuhkan media pembelajaran yang menarik agar dapat meningkatkan minat belajar siswa, salah satunya adalah gim edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gim edukasi untuk pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai EYD yang dapat membantu siswa dalam belajar di luar sekolah. Gim edukasi yang baik dapat dinilai melalui tampilan dan fitur sesuai dengan kebutuhan pemain. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metodologi prototyping dalam pengembangannya. Penggunaan metodologi prototyping pada gim ini dikarenakan setiap proses yang dalam metode tersebut selalu melibatkan pengguna, sehingga kebutuhan dan permasalahan yang dialami dapat diselesaikan secara cepat. Gim ini dikembangkan dengan menggunakan Unity, yang merupakan suatu software yang berfokus untuk pengembangan gim. Gim ini akan menggunakan mekanisme kuis yang mana pemain harus menjawab 10 pertanyaan pada tiap tahapnya. Selain itu, pemain dapat melihat jawaban dari soal-soal yang telah dikerjakan untuk menjadi bahan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengujian gim dengan menggunakan smartphone dan Black Box Testing, dapat dibuktikan bahwa gim ini dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam mempelajari Bahasa Indonesia sesuai EYD.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEYDen_US
dc.subjectgim edukasien_US
dc.subjectprototypingen_US
dc.titleGIM untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Sesuai EYD (Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan) untuk SIswa Usia Sekolah Dasaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19523102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record