Show simple item record

dc.contributor.authorRahajeng, Devoni Putri
dc.date.accessioned2023-11-04T04:09:28Z
dc.date.available2023-11-04T04:09:28Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/45780
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus meningkat memiliki peranan yang sangat signifikan dalam era industri 4.0 saat ini, terutama dalam konteks pendidikan di Indonesia. Jumlah fakultas yang semakin banyak di setiap perguruan tinggi akan membuat siswa-siswi selaku konsumen menjadi lebih selektif dalam memilih perguruan tinggi beserta fakultas tersebut. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat calon mahasiwa mendaftarkan diri ke salah satu Perguruan Tinggi, salah satunya faktor promosi yang berkaitan dengan teknologi yaitu Marketing media sosial atau Digital marketing. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang membentuk disonansi kognitif Mahasiswa dalam memilih Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia berdasarkan Marketing media sosial yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Pengembangan aspek dalam konteks disonansi kognitif melibatkan tiga dimensi, yaitu dimensi Emosional yang dinilai melalui 15 pertanyaan indikator, dimensi Wisdom of Purchase yang dievaluasi dengan 4 pertanyaan indikator, dan Concern Over Deal yang diukur melalui 3 pertanyaan indikator. Responden dalam penelitian ini adalah 106 mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia yang berasal dari angkatan 2019 dan 2020, atau yang berada di tahun ketiga dan keempat. Metode analisis yang digunakan melibatkan analisis faktor serta penerapan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menggunakan analisis faktor didapatkan pada dimensi Emosional mahasiswa merasa tidak menderita dalam memilih sebagai seorang mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Univeritas Islam Indonesia, dimensi Wisdom of Purchase mahasiswa merasa telah membuat pilihan yang tepat dalam memilih sebagai mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, dan dimensi Concern Over Deal mahasiswa merasa tidak mengalami kebingungan dalam memilih sebagai mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa hanya jurusan Informatika yang memiliki pengaruh variabel dimensi Emotional dan dimensi Wisdom of Purchase, serta memiliki nilai Uji R2 paling besar yaitu 0,408 yang dapat diartikan bahwa ketiga dimensi pada disonansi kognitif tersebut berpengaruh sebesar 40,8% pada jurusan Informatika.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectCognitive Dissonanceen_US
dc.subjectConcern Over Dealen_US
dc.subjectEmotionalen_US
dc.subjectWisdom of Purchaseen_US
dc.titleAnalisis Disonansi Kognitif Mahasiswa dalam Memilih Fakultas Teknologi Industri di Universitas Islam Indonesia Berdasarkan Marketing Media Sosialen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19522319


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record