dc.description.abstract | Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus meningkat memiliki peranan
yang sangat signifikan dalam era industri 4.0 saat ini, terutama dalam konteks
pendidikan di Indonesia. Jumlah fakultas yang semakin banyak di setiap perguruan
tinggi akan membuat siswa-siswi selaku konsumen menjadi lebih selektif dalam
memilih perguruan tinggi beserta fakultas tersebut. Terdapat banyak faktor yang dapat
mempengaruhi minat calon mahasiwa mendaftarkan diri ke salah satu Perguruan
Tinggi, salah satunya faktor promosi yang berkaitan dengan teknologi yaitu Marketing
media sosial atau Digital marketing. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
faktor-faktor yang membentuk disonansi kognitif Mahasiswa dalam memilih Fakultas
Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia berdasarkan Marketing media sosial
yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.
Pengembangan aspek dalam konteks disonansi kognitif melibatkan tiga dimensi, yaitu
dimensi Emosional yang dinilai melalui 15 pertanyaan indikator, dimensi Wisdom of
Purchase yang dievaluasi dengan 4 pertanyaan indikator, dan Concern Over Deal yang
diukur melalui 3 pertanyaan indikator. Responden dalam penelitian ini adalah 106
mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia yang berasal
dari angkatan 2019 dan 2020, atau yang berada di tahun ketiga dan keempat. Metode
analisis yang digunakan melibatkan analisis faktor serta penerapan uji regresi linier
berganda. Hasil penelitian menggunakan analisis faktor didapatkan pada dimensi
Emosional mahasiswa merasa tidak menderita dalam memilih sebagai seorang
mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Univeritas Islam Indonesia, dimensi Wisdom of
Purchase mahasiswa merasa telah membuat pilihan yang tepat dalam memilih sebagai
mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, dan dimensi
Concern Over Deal mahasiswa merasa tidak mengalami kebingungan dalam memilih
sebagai mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Hasil uji
regresi linier berganda menunjukkan bahwa hanya jurusan Informatika yang memiliki
pengaruh variabel dimensi Emotional dan dimensi Wisdom of Purchase, serta memiliki
nilai Uji R2 paling besar yaitu 0,408 yang dapat diartikan bahwa ketiga dimensi pada
disonansi kognitif tersebut berpengaruh sebesar 40,8% pada jurusan Informatika. | en_US |